Strategi trading Cherry-blossom

Konsep sesuai versi asal

Strategi ini disebut “Cherry-Blossom” karena diterapkan pada sesi trading di Amerika dan Asia. Konsep yang digagas dari strategi ini adalah sebagai berikut: sesi Amerika biasanya adalah sesi yang memberikan petunjuk, dan sesi Asia adalah sesi yang mengikutinya. Jadi, pendekatannya di sini adalah untuk mengetahui hal-hal yang terjadi selama sesi Amerika dan membuka posisi pada sesi Asia dengan mengikuti arah yang ditunjukkan selama sesi Amerika.

Langkah-langkah sesuai versi asal
  1. Selama sesi Amerika (15:00-00:00 GMT, waktu DST), pilih instrumen trading yang membuat pergerakan kuat (sebaiknya di atas 30 pip).
  2. Terapkan level retracement Fibonacci (100, 61,8, 50, 38,2, 23,6, 0,0) pada panjang rentangan dari pergerakan tersebut.
  3. Sebelum sesi Asia dimulai (02:00 GMT, waktu DST), buka pending order di level-level utama dari indikator Fibonacci (61,8, 50, 38,2, 23,6), dengan Stop Loss di 100,0 dan Take Profit di 0,0.
  4. Beberapa pending order Anda akan diaktifkan dan ditutup di level Take Profit yang Anda atur selama sesi Asia (02:00-09:00 GMT, waktu DST) dan seterusnya.
Contoh
Konsep sesuai versi pengembangan

Praktis tidak ada kesamaan arah trading selama sesi Amerika dan Asia – faktanya, sesi yang saling berlawanan dengan yang lain atau fase konsolidasi sangat umum terjadi. Yang terakhir adalah perihal waktu, jadi sebenarnya sesi Asia-lah yang membuka trading, dengan sesi Amerika mengonfirmasi pergerakannya atau “menyangkalnya”. Untuk itu, dibutuhkan pemahaman yang lebih luas mengenai strategi ini agar hasilnya bisa menjadi lebih efektif. Penerapan pending order seperti pada gambar di atas mengharuskan harga untuk berbalik terlebih dahulu sebelum turun ke arah yang diamati. Konsep ini bergantung pada pola sideway yang bergelombang, bukan sekadar asumsi mengenai kelanjutan tren. Sehingga akan lebih memudahkan dalam menemukan pola sideway dengan batas bawah atau atas yang jelas, dan menerapkan langkah-langkah yang sama.

Langkah-langkah sesuai versi pengembangan
  1. Anda menemukan pola bergelombang (tidak harus sepenuhnya sideway).
  2. Anda menerapkan level-level Fibonacci pada panjang rentangan dari gelombang terakhir yang diamati.
  3. Anda memasang pending order ke arah yang diprediksikan pada awal gelombang yang akan terbentuk.
  4. Anda mengatur Stop Loss di 0,0 dan Take Profit di 100,00.
  5. Anda menunggu hingga pending order tersebut diaktifkan oleh gelombang berikutnya dan ditutup.

Contoh

Mulai Belajar sambil Trading Forex di Akun Demo dulu untuk mencoba menggunakan strategi trading Cherry blossom dan menguji masing-masing strategi yang telah Anda pelajari di sini guna menemukan strategi yang tepat untuk trading Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *