Apa Penyebab Perubahan Harga Mata Uang?

Apa yang menentukan harga sebuah mata uang? Sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, kita harus mengerti salah satu dasar hukum ekonomi, yaitu prinsip penawaran dan permintaan.

Bagaimana Mekanisme Prinsip Penawaran dan Permintaan?

Secara sederhana, prinsip ini menjelaskan bahwa jika ketersediaan sebuah produk lebih sedikit dari pada permintaan, maka harga untuk barang tersebut menjadi lebih tinggi karena orang yang mencari barang tersebut lebih banyak dari ketersediaan barang tersebut.

Sebaliknya, jika ketersediaan suatu barang lebih banyak dari pada permintaan, maka harga dari barang tersebut akan turun. Mengingat orang yang mencari barang tersebut lebih sedikit, maka tentu akan terdapat kelebihan jumlah ketersediaan barang.

Bagaimana Harga Mata Uang Ditentukan?

Setelah kita mengenal prinsip penawaran dan permintaan, kini saatnya menjawab pertanyaan dari topik kali ini: “bagaimana harga mata uang ditentukan?”

Hukum penawaran dan permintaan juga berlaku untuk mata uang. Semakin banyak permintaan untuk sebuah mata uang akan menyebakan kenaikan nilai tukarnya terhadap mata uang lain. Namun, nilai tukar akan turun jika individu atau institusi memilih untuk tidak menyimpan mata uang tersebut.

Sebagai contoh, jika dolar Amerika mengalami peningkatan permintaan, maka nilai dolar Amerika akan naik dibandingkan dengan nilai mata uang negara lain. Harga mata uang juga bisa dikatakan sebagai spot exchange rate. Ini adalah nilai dimana suatu mata uang akan diperdagangkan secara aktif dalam suatu hari. Dengan kata lain, pasar menentukan harga suatu mata uang terhadap mata uang lainnya.

Siapakah yang Mempengaruhi Harga Mata Uang?

Volume transaksi Forex secara keseluruhan dilakukan di sepuluh bank terbesar di dunia, termasuk JPMorgan Chase & Co., HSBC Holdings PLC., dan bank-bank lainnya. Bank-bank inilah yang memiliki tanggung jawab terkait penentuan harga untuk nasabah bank mereka masing-masing dan juga bertanggung jawab mengimbangi resiko dengan bank-bank lainnya.

Semua bank, termasuk yang membeli dan menjual dolar, menghasilkan penawaran dan permintaan untuk mata uang, dengan dolar Amerika sebagai mata uang utama. Termasuk di dalamnya juga interbank system, yang merupakan penanggung-jawab dalam pembentukan dan pergerakan naik-turun harga mata uang.

Bank dealers biasanya menentukan nilai spesifik untuk suatu mata uang berdasarkan beberapa faktor yang terus berubah. Faktor-faktor ini termasuk :

  • Nilai pasar saat ini,

  • Seberapa besar volume ketersediaan pada level harga tertentu,

  • Pertimbangan mengenai kemana arah tujuan mata uang tersebut selanjutnya,

  • Posisi persediaan

Hasilnya, sangatlah menarik melihat perubahan nilai tukar mata uang saat berkunjung ke berbagai negara yang berbeda.

album-art

Available now on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *